Gagal SNMPTN, So what?

02.45 Unknown 0 Comments


Baru-baru ini semua heboh dengan yang namanya pengumuman SNMPTN.
gak di Twitter, Facebook, Kontrakan sampai Warkop ikut nimbrung ngomomngin hasil SNMPTN.

ada yang lulus, ada yang gak lulus. padahal yang diomongin itu cuma saudara atau tetangganya doang. walaupun begitu, banyak juga orang yang kecewa karena mereka gak lulus atau gak masuk jurusan yang diidam-idamkan.

menurut gue, gak lulus snmptn bukanlah akhir dari segalanya. karena kesuksesan gak cuma ditentuin oleh universitas yang favorit. tapi, oleh output yang dihasilkan oleh universitas tersebut.

Untuk mendapatkan output yang berkualitas, prosesnya pun harus maksimal. buat apa kampus gede, biaya mahal, gengsi tinggi tapi hasilnya Nol, Nol besar.
karena dalam prosesnya gak bener.

proses yang gak bener, misalnya kuliah skip mulu, ikut pergaulan gak bener, atau nilep duit semesteran buat dugem. atau dari dosennya sendiri, misalnya dosennya gak berkualitas, gak profesional, suka gak dateng, atau suka telat.

mending, kuliah di tempat yang kecil tapi prosesnya bener, mahasiswanya bener, trus dosennya juga bener. pasti hasilnya juga berkualitas.

ehm, walaupun gue gak menyangkal bahwa fasilitas di kampus juga turut andil dalam prestasi mahasiswanya. tapi itu bukan segalanya.

nah, buat adek-adek yang gak lulus SNMPTN jangan sedih dan galau. kan bisa masuk kampus lain kalo gak, ikut tahun depan. dengan persiapan yang lebih baik.

Tetap semangat!

0 komentar :