About Marketing #Part1

01.29 Unknown 0 Comments

Gue cinta sama yang namanya dengan ilmu pemasaran atau bahasa kerennya marketing, dari SMA kalo lagi nonton TV terus lagi iklan, gue seneng merhatiin kenapa iklannya seperti ini?, maksud iklan ini apa?.

Ya karena menurut gue, untuk membuat iklan kita gak boleh asal-asalan. kalo mau bikin iklan supaya produknya gak cuma dikenal masyarakat, tapi juga diinget sama masyarakat. maka produsen harus buat iklan yang cepet nempel di otak masyarakat.

selain itu targeting market juga perlu, targeting market yaitu pemilah-milahan pasar, ke dalam beberapa kelompok. misalnya lu punya produk pemebersih wajah buat cowo muda umur 15-25 tahun, jangan pasang iklan di jadwal tayang acara Masak-memasak, karena jarang ada cowok yang mau nonton itu.

terus, untuk pemilihan model iklan juga gak boleh sembarangan. soalnya kita harus tau siapa yang jadi role model dari target market yang kita sasar. seperti contoh pembersih wajah tadi, kalo sasaran lo cowo meteroseksual dengan klasifikasi umur 20-30 tahun lu bisa pake Darius Shinatrya tapi, kalo sasaran lo remaja sekolahan sampe anak kuliah klasifikasi umur 15-25 tahun lu bisa pake Raditya Dika.

Nah inilah yang dipake oleh dua rival pembersih muka Vaseline men dan Oxy, yang satu Vaseline men dari iklannya aja kita udah tau kalo mereka menyasar ke arah umur 20-30 yaitu mahasiswa dan eksekutif muda yang masih belom married. dan yang satunya Oxy nyasar Pelajar dan Mahasiwa yang punya ciri-ciri ekspresif dan gokil.

nah kalo kalian yang belom liat iklannya nih ada videonya,

Iklan Vaseline men, Darius

Iklan Oxy Raditya Dika




Nah dengan adanya pemilahan pasar, tiap produsen gak terlalu bersaing secara berdarah-darah karena market berbeda. oke segitu dulu sharing tentang minat gue di dalam ilmu marketing #part 1. see ya!

0 komentar :