09.41 Unknown 0 Comments

Belakangan ini gue lagi baca bukunya Robert Kiyosaki yang judulnya The Cashflow Quadrant.
Sebenernya gue udah punya buku ini dari lama. pas Kuliah...

Waktu itu gue menggebu-gebu banget pengen jadi Pengusaha.

Pas gue baca buku itu gue, kembali menggebu-gebu tapi, bukan untuk jadi pengusaha. tapi pengen jadi Investor.


Inti dari buku "The Cashflow Quadrant" adalah tentang kecerdasan finansial.


Apa sih Cashflow Quadrant itu ?


Secara singkat adalah Cashflow Quadrant adalah Cara2 orang dalam menghasilkan uang.

E : orang-orang yang menghasilkan uang dari bekerja (berkarir) Contoh : Buruh, Pegawai Kantoran, Direktur.
S : orang-orang yang menghasilkan uang dari bekerja dengan tenaganya kemampuan sendiri. Contoh: Freelancer, Pemilik Warung, Dokter, Pengacara dll.
B : Orang yang menghasilkan uang dengan membuat sistem. Contoh : Orang yang buat Waralaba, MLM, atau orang yang buat perusahaan atau startup sendiri.
I : adalah Investor orang-orang yang menanamkan uangnya untuk mendapatkan uang kembali. Investor Saham, Investor Angel dll...

Tapi intinya semua orang bisa kaya dimasing-masing Quadrant. tapi kalo mau bisa memiliki kebebasan finansial. ya seengaknya lo harus berada di Quadrant Kanan yaitu sebagai Business Owner atau Investor.


Sampai saat ini gue masih jadi Employee tapi gue bertekad gue akan menjadi Investor supaya bisa menikmati kebebasan finansial.

Intinya tetap profesional menambah ilmu dan sambil belajar menjadi Investor yang ulung, Amin!


0 komentar :